Kamis, 16 Oktober 2014

Pengertian dari Virtual Private Server (VPS)

Virtual Private Server (VPS) merupakan sebuah teknologi server side tentang sistem operasi dan perangkat lunak yang memungkinkan sebuah mesin dengan kapasitas besar dibagi ke beberapa virtual mesin. Tiap virtual mesin ini melayani sistem operasi dan perangkat lunak secara mandiri dan dengan konfigurasi yang cepat.

Untuk mudahnya, VPS bisa digambarkan sebagai personal computer (PC) yang diletakkan disuatu tempat namun kita dapat mengontrolnya dari jarak jauh, VPS biasanya digunakan untuk menyimpan data-data website yang penting dan membutuhkan resource yang lebih tinggi dibandingkan shared hosting. Untuk itulah harga menyewa sebuah VPS lebih mahal daripada harga menyewa shared hosting.


Fungsi-fungsi utama dari Virtual Private Server (VPS) antara lain adalah
  • Sebagai web server untuk menjalankan website, blog, e-commerce, dan lainnya
  • Sebagai file server atau storage server dimana kita bisa menyimpan file dan data baik melalui ftp, maupun http.
  • Sebagai server remote desktop, dimana kita bisa mendownload dan mengupload file secara remote, menjalankan aplikasi forex, bot/robot & automation, spinner.
  • Sebagai host server untuk VPN dan Tunneling.
  • Dan masih banyak fungsi lainnya yang dapat diterapkan di VPS misalnya Rapidleech, Torrentleech,DNS Name Server, Proxy Server, dan lain-lain
Penyewaan VPS biasanya dibagi menjadi dua layanan yaitu VPS Managed dan VPS UnManaged. Perbedaan keduanya terletak di pengelolaan VPS tersebut. Lihat perbedaan berikut ini

  • VPS UnManaged : Server kosong /hanya diberi IP, root dan password. Pembeli harus mengelola sendiri tanpa dibantu oleh penyedia VPS. Namun kelebihannya adalah VPS Unmanaged lebih murah.
  • VPS Managed : Sudah terinstal OS Linux atau Windows atau yg lainnya, sesuai dengan paket yang ditawarkan. Selain itu semua optimasi dan troubleshoot akan dilakukan oleh penyedia VPS. Ibaratnya dengan menggunakan VPS Managed maka pembeli tinggal pakai saja tanpa ribet.
Salah satu penyedia layanan VPS Indonesia adalah Qwords.com. VPS Indonesia milik Qwords mempunyai datacenter di Gedung Cyber Jakarta. Harga VPS yang ditawarkan juga sangat murah karena mulai tiga ratus ribuan. Untuk pemesanan VPS Indonesia silahkan menghubungi CALL CENTER 24 JAM :0804-1-808-888

2 komentar: